10+ Macam Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya

Macam Macam Sistem Operasi –  Pengertian Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai pengatur semua sumber daya yang terdapat pada komputer.

Sistem operasi atau operating system (OS) menjadi penghubung antara software – hardware – brainware (pengguna). ia mengatur agar kesemuanya dapat berkomunikasi dengan baik dan membuat nyaman pengguna komputer.

Tanpa sistem operasi sebuah komputer, ponsel atau konsol game tidak dapat berjalan. Karena SO inilah yang mengatur semua perangkat di dalam alat- alat tersebut.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Ahli

  • Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi operasi dasar sistem termasuk menjalankan program aplikasi. (Iim Rusyams)
  • Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan dalam komputer. (M. Suyanto)
  • Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen kerja dan memuat metode kerja yang digunakan untuk memanfaatkan mesin sehingga dapat
    bekerja sesuai yang diinginkan. (Abas A Pangera).

Kesimpulan

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur semua sumber daya dalam komputer (hardware dan software) agar dapat bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh penggunanya.

Daftar Isi Artikel [buka]

Fungsi Sistem Operasi

pengertian sistem informasi
pixabay.com

Untuk lebih jelasnya mengenai Sistem operasi komputer, anda dapat membaca ulasan mengenai fungsi Sistem operasi agar anda dapat mengenal lebih jauh sistem komputer.

1. Menjalankan Operasi Dasar

Sistem operasi menjalankan fungsi dasar pada komputer, ia mengatur bagaimana penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data dan fungsi dasar komputer lainnya.

2. Mengatur Hardware

Hardware merupakan perangkat keras yang tersambung pada komputer seperti speaker,CPU, Mouse dan lain sebagainya. SO bertugas mengatur kerja perangkat keras komputer (resource manager). Menyambungkan perangkat keras dengan perangkat lunak agar mampu bekerja dengan baik.

3. Mengatur Berbagai Macam Aplikasi

Seluruh aplikasi yang ada di dalam komputer memang tersimpan dalam memori penyimpanan. Namun, perlu anda ketahui semua aplikasi tersebut ada dalam sebuah Sistem operasi dan jika tidak ada OS komputer maka anda tidak akan mampu menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut.

4. Untuk Menyajikan Sebuah Tampilan

Tugas dari OS komputer adalah memudahkan penggunaan aplikasi karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat ditampilkan dilayar monitor komputer atau halaman utama saat anda baru saja menyalakan komputer.

Selain itu Sistem operasi memiliki tugas untuk menerjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU yang akan ditampilkan dalam bentuk grafis, teks dan jenis tampilan yang mudah dibaca oleh penggunanya. Juga, memiliki fungsi sebagai sebuah interface antara user dengan hardware atau perangkat keras yang digunakan.

5. Untuk Koordinasi Perangkat Komputer

Fungsi lain dari sistem operasi  komputer adalah dapat mengkoordinasikan semua hal yang ada didalam komputer dalam hal menyusun program yang memiliki sifat kompleks menjadi lebih simpel dan berurutan. Dengan kata lain, memberikan kelebihan dalam membantu pekerjaan user lebih praktis dan efisien.

6. Untuk Fungsi Komputer yang Optimal

Memberikan optimasi kerja pada perangkat keras maupun perangkat lunak atau software merupakan fungsi Sistem operasi selanjutnya. Beberapa hal yang dapat dijalankan antara lain memberikan waktu dalam menjalankan CPU, pemanggilan file yang telah tersimpan di dalam hard disk.

 

Macam Macam Sistem Operasi

Terdapat bermacam macam sistem operasi dan juga pecahan dari sistem operasi tersebut berikut ini adalah macam macam sistem operasi dalam bentuk tabel dan sekilas penjelasannya.

 

1. Sistem Operasi Android

Sistem Operasi Android adalah SO berbasis linux yang dirancang untuk digunakan pada perangkat mobile berlayar sentuk seperti telepon pintar (smartphone) atau komputer tablet.

SO android pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc dengan dukungan dana dari Google. Pada akhirnya google pun membelinya di tahun 2005. kemudian dirilis pada tahun 2007.

Kelebihan

1. Bersifat open source
2. Didukung oleh aplikasi yang melimpah dari Google play store
3. Multitasking
4. Mendukung USB Mass Storage

Kekurangan

1. Penggunaan baterai boros
2. Rawan malware

Tingkatan versi OS Android

Android cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean Kitkat, Lollipop, Marsmallow, Nougat dan OS android Oreo.

 

2. Sistem Operasi Microsoft Windows

Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis atau GUI yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan komputer menggunakan tampilan visual yang sangat memudahkan pengguna.

SO ini telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah so yang berbasis text dengan penggunaan baris perintah.

Windows versi1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983 tetapi baru dipasarkan di November tahun 1985.

Sampai saat ini windows telah mengeluarkan berbagai macam sistem operasi dan yang terakhir adalah windows 10 yang diperkenalkan pada 29 Juli 2015

 

3. Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991.  Linux  adalah jenis Sistem operasi open-source dimans Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan juga didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

pada umumnya, pengguna linux memasang dan melakukan konfigurasi sediri pada konfigurasi sistem. Pengguna sistem operasi ini kebanyakan adalah orang-orang yang mengerti teknologi dibandingkan para pengguna Windows ataupun Mac OS yang kebanyakan awam terhadap sistem komputer.

Linux terkadang diidentikan dengan para hacker atau geek. Namun seiring perkembangan linux anggapan itu sudah sedikit berubah. Linux memiliki beberapa macam atau distro diantaranya adalah

  • Ubuntu
  • Fedora
  • Backtrack
  • Mandriva
  • Slackware
  • Debian
  • CentOS
  • Red Hat dsb


4. Sistem Operasi Mac OS

Ini merupakan Sistem operasi keluaran dari raksasa perusahaan apple. Jenis ini pun telah terpasang didalam komputer Macintosh atau disebut pula dengan Mac

Sistem Operasi ini Memiliki versi sistem operasi baru yang dinamai OS X.  Serta beberapa versi yang telah dikeluarkan diantaranya versi Lion 2011, Mountain Lion 2012, Mavericks 2013 ,Yosemite 2014, El Capitan yang dirilis pada 2015.

Pengguna sistem operasi yang satu ini memang tergolong lebih rendah dibandingkan dengan pengguna windows, ini karena harga produk komputer keluaran apple yang tergolong mahal.

 

6. Sistem Operasi Windows Phone

Sistem Operasi windows phone adalah sistem operasi pengangkat mobile yang dikembangkan Microsoft dan merupakan pengganti platform windows mobile. ia diluncurkan pada Oktober 2010 secara global dan baru diluncurkan di asia di awal 2011.

Sistem operasi windows phone menjadi OS utama pada ponsel buatan nokia. Setelah sebelumnya CEO Microscoft dan CEO Nokia mengumumkan kerjasama. Ia diproyeksikan menggantikan Sistem Operasi Symbian yang biasa terdapat pada ponsel-ponsel keluaran .

 


Jenis- Jenis Sistem Operasi


Ada beberapa jenis sistem operasi bila didefinisikan berdasarkan jumlah penggunannya.

– Single User – Single Tasking
1 Komputer untuk 1 User dan 1 Aplikasi . Contohnya : MS- DOS

– Multi User – Single Tasking
1 Komputer, Banyak User, 1 Aplikasi. Contohnya Novell Netware (berbasis jaringan)

– Single User – Multi Tasking
1 Komputer, 1 User, Bisa menjalankan beberapa aplikasi bersamaan
Contohnya: Windows 

– Multi User – Multi Tasking
Banyak User dan bisa menjalakan program dalam satu waktu. Contohnya: Linux

 

Source : llumbung-komputer.blogspot..com

 

Bagian Penting Dalam Sistem Operasi

Berikut ini adalah bagian bagian penting dalam sistem operasi:

1)      Mekanise Boot

Merupakan bagian Sistem operasi  yang memiliki fungsi untuk meletakkan kernel ke memori kernel dimana kernel memiliki arti sebagai inti dari sistem operasi.

2)      Command Interpreter

Dimana tugas Sistem operasi adalah untuk membaca input yang mencakup perintah yang menyediakan fungsi-fungsi standar ataupun fungsi dasar yang disebut software atau perangkat lunak.

3)      Resourse Allocator

Sistem operasi pun dapat bertugas sebagai pengalokasi sumber daya dari sebuah perangkat serta mengaturnya.

4)      Handler

Bagian lain dari Sistem operasi adalah kemampuannya untuk memberikan kendali dalam menghindari error dan mengeliminasi sumber daya yang tidak dibutuhkan.

5)      Driver

Ini adalah bagian Sistem operasi yang lainnya dimana memiliki tugas untuk berinteraksi dengan hardware atau perangkat keras dan memberikan kontrol untuk kinerjanya.


Nah, itu tadi penjelasan tentang sistem operasi dari mulai sejarah, pengertian, jenis jenis dan macam macam sistem operasi dan penjelasan singkatnya.

Semoga Bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*