17 Website Terbaik untuk Download Buku Gratis!

https://medium.com Pastinya kamu pernah dong membayangkan bisa membaca semua buku yang kamu suka tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Iya, gak? Kalo iya, kamu sudah benar nih membaca artikel ini.

Kenapa? Karena eh karena, di artikel ini, kamu akan kami kasih 17 website terbaik yang memberikan kamu akses ke buku gratis yang siap buat di baca, di download dan dibagikan.

Ini dia 20 website terbaik di mana kamu akan menemukan mimpi kamu, alias buku gratis. Berbagai genre buku bisa kamu temukan! Dari mulai genre gak penting sampe genre yang penting (namun tetep gak penting bagi orang yang gak melihatnya penting).

1. ReadPrint

Yang pertama adalah ReadPrint, perpustakaan online gratis di mana kamu (dan teman-temanmu) bisa menemukan ribuan buku gratis buat dibaca online. Iya dong, online. Kecuali kamu ada waktu dan uang untuk ngeprint dan ngejilidin. Yawla~

Buku gratis yang ada di ReadPrint bermacam-macam. Mulai dari classic, science fiction sampai puisi-puisian.

Jika ingin menikmati feature penuh dari ReadPrint, kami sarankan untuk registrasi saja. Jadi kamu bisa menikmati berbagai macam buku gratis, juga fitur untuk bookmarking, dan ada rekomendasi buku yang sekiranya kamu akan suka. Join juga ke online book clubs yang ada di sini untuk ngobrol-ngobrol soal literasi.

Berikut kami kasih hint agar kamu semakin nyaman cari-cari buku di ReadPrint:

  • Pakai keyword search untuk menjadi judul buku, penulis atau quotes.
  • Cari berdasarkan genre atau jenis buku, semisal; essai, fiksi, non-fiksi, dan lainnya.
  • Cek top books yang bisa dibaca online berdasarkan kurasi dari komunitas di ReadPrint
  • Cari buku berdasarkan alfabet (judul buku, nama penulis).
  • Cek juga ReadPrint top 250 penulis.

Saat kamu menemukan buku yang kamu ingin baca, kamu bisa langsung klik ‘Read Online”, terus bukunya akan langsung hadir di web browser kamu. Kamu juga bisa menulis review buku yang kamu sudah baca dan menaruhnya di favorit, atau kamu rekomendasikan ke sesama pengguna ReadPrint.

Kalau ada buku yang kamu suka banget dan ingin kamu download supaya bisa dibaca di mobile e-reader, bisa juga. ReadPrint memberikan link ke Amazon untuk semua buku yang ada di sana. Di mana kamu bisa langsung download buku-buku tersebut.

Gimana Cara Menemukan Buku?

  • Berdasarkan judul
  • Berdasarkan nama penulis
  • Dengan cek Most Recently Added Book yang ada di ReadPrint homepage.

2 ManyBooks

Selanjutnya ada ManyBooks, adalah website terbaik lainnya untuk mendownload buku gratis dengan berbagai format yang bisa kamu temui di internet. Ada ribuan jenis buku di sini, dari berbagai genre dan pastinya gratis.

Kalau memang kamu beginner di buku online dan mencari sandaran diri untuk sumber bacaan, ManyBooks adalah pilihan tepat.

Bagaimana Cara Cari Bukunya?

Gampang banget mencari buku di ManyBooks! Kamu bisa mencari buku berdasarkan:

  • penulis
  • judul
  • subyek
  • bahasa
  • most popular
  • review pembaca
  • rekomendasi

Gimana Cara Download Bukunya?

Pertama, kamu harus pilih dulu format buku yang mau di download. Tiap buku yang ada punya dropdown menu yang isinya adalah format buku tersebut. Mulai dari zip file sampai PDF file.

3. The Literature Network

Bisa dibilang, The Literature Network adalah website yang rapi banget untuk ukuran website penyedia buku gratis. Susunan buku-bukunya berdasarkan nama penulis. Yang kamu perlu lakukan cukup click nama penulisnya, terus ada biografi mereka, ada juga related links & articles, kuis dan forum. Kebanyakan buku-buku di sini tentu saja gratis. Sisanya ada biaya. Dikit kok, gak mahal.

4. Free Computer Books

Kalau yang kamu cari adalah buku-buku seputar komputasi, Free Computer Books adalah solusinya. Setiap buku yang berkaitan dengan komputer dan bahasa pemrograman bisa kamu temukan di sini.

Selain buku, di sini juga ada textbook gratis, juga materi baca lainnya.

5. LibriVox

Librivox.org adalah pilihan buat kamu yang memang suka dengan audiobook. Di sini, selain berisi banyak buku gratis, ada juga audiobooks dari berbagai buku pilihan. Dan hebatnya lagi, audiobook ini dibuat oleh para relawan LibriVox yang membuat audiobook berkualitas tinggi untuk semua orang. Selain bisa baca buku gratis, berniat menjadi relawan untuk membuat audiobooks? Jika iya, coba langsung saja!

6. Project Gutenberg

Fakta unik: Project Gutenberg adalah website penyedia buku gratis tertua (dan terlengkap) di internet. Ada sekitar 30,000 buku gratis yang tersedia dengan berbagai format.

Buku-buku di Project Gutenberg kebanyakan berbahasa Inggris, namun ada juga buku-buku berbahasa lainnya.

7. Scribd

Yang satu ini adalah website yang menyediakan range bacaan luas. Mulai dari buku, file presentasi, textbook, dan lainnya. Semuanya diatur berdasarkan topic. Namanya Scribd . Website ini merupakan website dengan content publisher terbesar, dan selalu terupdate tiap bulannya.

8. International Digital Children’s Library

Sedang mencari buku-buku gratis pilihan untuk adek kecil atau anak kamu? Coba cari di International Digital Children’s LibraryBuku anak kecil berkualitas bisa kamu temukan di sini. Dan pastinya, gratis.

Terlalu banyak fitur dan pusing? Cobain fitur Simple Search untuk dapatkan gambaran tentang perpustakaan online ini membagi-bagi bukunya. Dari usia, reading level, panjang buku, genre dan lainnya.

9. Questia Public Library

Questia Public Library sudah sejak lama menjadi pilihan favorit orang-orang untuk menemukan buku pendidikan guna mendukung pekerjaan atau tugas mereka. Sekitar 5,000 buku gratis yang beberapa diantaranya sudah langka, berkualitas tinggi dan buku-buku gratis bisa ditemukan di website ini.

10. Wikibooks

​Wikibooks adalah website yang kebanyakan isinya textbook alias bukan buku. Subyeknya lebar, mulai dari is an open collection of (mostly) textbooks. Subjects range from Computing to Languages to Science; you can see all that Wikibooks has to offer in Books by Subject. Be sure to check out the Featured Books section, which highlights books that the Wikibooks community at large believes to be “the best of what Wikibooks has to offer, and should inspire people to improve the quality of other books.”

10. The Open Library

Yang menarik dari The Open Library adalah ribuan koleksi buku gratis yang tersedia dalam berbagai format, mulai dari PDF, ePub, Daisy, DjVu dan ASCII text. Dan ebook-ebook ini bisa dicari lewat spesifikasinya lewat fitur “show only ebooks” di kolom search. Pas udah ketemu ebook yang kamu butuh, langsung keliatan deh ketersediaan format dari buku itu.

11. Sacred Texts

Kamu yang sedang butuh buku-buku tentang agama, mitologi dan sejenisnya, bisa langsung ke Sacred Texts, yang memang memiliki koleksi besar buku-buku tersebut.

12. SlideShare

Ngomongin soal koleksi bacaan, gak lengkap tanpa menyebut Slideshare, online forum website di mana semua orang bisa upload digital presentation mereka. Asiknya lagi, kita bisa mendapatkan berbagai macam online presentation dari berbagai kategori. Banyak orang menggunakan dan memanfaatkan SlideShare untuk research, ide, atau belajar banyak hal. Untuk file yang bisa di download, kamu bisa mendapatkan file dalam format dokumen dan PDF.


Segitu aja? Gak dong. Ada lagi beberapa sumber yang bisa memberikan kamu buku gratis. Apa saja? Cek deh:

  • WorldeBookFair: Dalam waktu singkat, ada ribuan ebook gratis yang bisa kamu dapatkan di sini!
  • 55 Ways to Have Fun with Google: Buku menyenangkan dan penuh dengan ilmu baru dari Phillip Lenssen untuk kamu yang ingin memaksimalkan pengunaan Google.
  • FreeTechBooks: Dari namanya, harusnya kita udah tau apa aja isi dari website ini. Yup, di sini, kita bisa mendapatkan segala macam buku yang berkaitan dengan teknologi secara gratis!
  • FullBooks.com: Ribuan atau bahkan ratusan ribu buku gratis yang tersusun secara rapi ada di sini!
  • Bartleby eBooks: Di website ini, banyak banget buku-buku klasik terbaik yang bisa kamu download secara gratis, lho.

BacaanSebentar adalah blog yang berisi informasi seputar dunia digital marketing, karir dan teknologi yang bersifat sosial. Jika kamu ingin menjadi kontributor di BacaanSebentar, caranya mudah banget! Dan memang kami butuh! Langsung aja mention kami di Facebook Page untuk tanya-tanya atau kirim tulisan. Kami tunggu, ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*