Amalan-Amalan Sunnah 24 Jam

Waktu begitu cepat berlalu. Kesibukan membungkam amalan. Semakin lama hidup terasa tidak tenang. Banyak sedikit rezeki selalu terasa kurang. Berawal dari melalaikan ibadah yang wajib, kemudian sunnah pun punah. Ketika ujian dan cobaan datang, hanya umpatan dan ratapan yang berkumandang. Ketika jiwa rindu akan Tuhan, saatnya menambah amalan.

Hidup yang begitu jauh dari ketaatan akan membuat seseorang menjadi gersang. Usaha menjadi terasa penuh rintangan. Doa-doa seperti tidak dikabulkan. Hidup pun seakan banyak beban. Saatnya memperbaiki rutinitas yang dilakukan. Menyetel jam-jam sunnah untuk kembali berbenah.

Buku berjudul “Buku Lengkap Segala Amal Sunnah dari Bangun Tidur sampai Tidur Lagi”ini mengupas tata cara wudhu dan tayammum, adzan dan iqomah, shalat-shalat sunnah seperti shalat dhuha, shalat tahajud, shalat hajat, shalat taubat, shalat istikharah, shalat sunnah rawatib, shalat tasbih, shalat witir, amalan membaca Al-Qur’an, puasa senin-kamis, puasa daud, sedekah, fadhilah shalawat nabi, serta doa dan dzikir pilihan untuk kesejahteraan dunia dan akhirat.

Amalan sunnah mempunyai fadhilah-fadhilah tersendiri. Ketika kita yakin untuk selalu menjalankannya, kita akan merasakan manfaatnya. Seperti fadhilah shalat dhuha,  dapat memperlancar segala macam urusan. Fadhilah selanjutnya yaitu shalat dhuha adalah sedekah. Rosulullah SAW bersabda :

“Setiap salah seorang di antara kamu memasuki pagi harinya, pada setiap ruas tulangnya ada peluang sedekah. Setiap tasbih (ucapan subhanallahu) adalah sedekah, setiap hamdallah (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan laa ilaahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan allahu akbar) adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, semua itu cukup tergantikan dengan dua rakaat shalat dhuha.” (HR.Muslim) [halaman 39]

Mungkin saja masih banyak yang berat mengeluarkan zakat uang karena keterbatasan ekonomi, tetapi kita bisa melaksanakan shalat dhuha untuk menyedekahi tiap ruas tubuh.

Buku ini juga menjelaskan manfaat amalan sunnah lainnya seperti puasa, mengutip Allan Cott M.D dalam bukunya  Why Fast?,setidaknya puasa yang dilakukan secara rutin (seperti puasa Senin Kamis) memiliki sepuluh manfaat bagi kesehatan. Diantaranya to feel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental), to look and fell younger (supaya terlihat dan merasa lebih muda), to clean out the body (membersihkan badan), to lower blood pressure and cholesterol levels(menurunkan tekanan darah dan kadar lemak), dll. [Halaman 237-238]

Pada bab 14 tentang dahsyatnya mukjizat sedekah, ada kisah menarik yaitu seorang juru dakwah wanita yang terkenal. Wanita tersebut berada di Al-Haram sejak beberapa tahun yang lalu. Suatu ketika gigi gerahamnya sakit, dan wanita itu terlambat mengobatinya. Wanita itu bahagia tinggal di Al-Haram dan ingin selalu menyibukkan dirinya dengan Al-Qur’an. Akan tetapi, jika penyakit itu masih ada, maka ia harus pergi ke dokter dan akan meluangkan waktunya.  Terlintas dalam pikiran wanita itu untuk menolak penyakitnya dengan sedekah. Akhirnya wanita itu bersedekah kepada seorang anak perempuan di Al-Haram. Dalam waktu singkat, dengan pertolongan Allah telah menyembuhkan penyakitnya, dan penyakit itu tidak pernah menyerang lagi. [Halaman 256]

Apapun sunnah-sunnah yang Anda amalkan, tujuannya untuk mencapai puncak ketaqwaan. Selain itu juga mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW, karena rosulullah sangat senang melakukan shalat-shalat sunnah dan amalan-amalan sunnah lainnya.

Ketika kita ingin lebih dekat dengan Sang Maha Pemilik Kehidupan, ingin mencari ketenangan hidup, ingin segala urusan dimudahkan, segala hajat dikabulkan, maka perbanyaklah melakukan amal sunnah. H.M. Amrin Ra’uf menjelaskan secara detail tatacara bersuci, tatacara sholat sunnah sehingga bagi yang baru belajar bisa menjadikan buku ini sebagai panduan. Mengisi setiap waktu dengan amalan sunnah agar hidup semakin indah.

Detail Buku

Buku Lengkap Segala Amal SunnahJudul                      : Buku Lengkap Segala Amal Sunnah dari Bangun Tidur sampai Tidur Lagi
Penulis                   : H.M Amrin Ra’uf
Penerbit                 : Sabil
Tahun terbit          : 2014
Jumlah Halaman   : 288 Halaman
Harga                       :  Rp. 40.000,00
ISBN                        :  978-602-296-014-0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*