10 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit Yang Mudah Dan Terbukti Hasilnya

Memiliki berat badan tinggi bukanlah sebuah aib apalagi jika sesuai dengan proporsi tubuh. Akan tetapi, pola hidup sehat membuat sebagian masyarakat Indonesia mengalami obesitas. Obesitas tentu saja berbahaya dan tidak sehat. Di sisi lain, sebagian orang mengalami kegemukan di perut atau menumpuknya lemak di area perut.
Tebalnya lemak di area perut tampak biasa saja, namun pada dasarnya mengandung risiko kesehatan tertentu. Apalagi jika penumpukan lemak di perut membuat Anda perlu mengganti ukuran pinggang celana. Itu adalah salah satu tanda bahwa kegemukan di bagian perut mulai menjadi sesuatu yang harus diatasi.

Ini Dia Olahraga Mengecilkan Perut Yang Mudah

Ada banyak cara mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan di rumah, Jika Anda merasa sudah memiliki pola makan yang sehat, barangkali ini adalah saatnya bagi Anda untuk melakukan 10 olahraga mengecilkan perut berikut ini.

1. Olahraga Tim

Ada banyek jenis olahraga tim yang bisa Anda coba sebagai upaya mengecilkan perut. Tengok saja sepakbola, voli, dan basket. Olahraga yang melibatkan tim disinyalir lebih ampuh dalam upaya menegecilkan perut sebab menuntuk banyak pergerakan yang membutuhkan energi tingkat tinggi.

Anda bisa memilih jenis olahraga tim yang paling sesuai. Sepakbola cocok bagi Anda yang lebih suka berolahraga di luar ruangan, akan tetapi basket cukup untuk Anda yang ingin terhindar dari sengatan matahari. Ada pun kalori yang mampu dibakar oleh jenis olahraga tim bagi Anda yang memiliki berat 185 pond adalah sekitar 311 hingga 400 kalori selama 30 menit.

2. Rutin Berlari

olahraga mengecilkan perut dengan rutin berlari

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk malakukan olahraga tim, Anda bisa melakukan jogging atau lari sebagai alternatif mengecilkan perut. Berlari termasuk ke dalam jenis olagraga aerobik yang mampu memangkas level lemak di perut dan bagian tubuh lainnya. Hal ini diiakan oleh Louise Sutton, principal lecturer di Leeds Metropolitan University.

Rutin melakukan olahraga lari atau jogging akan memberikan kemungkinan yang lebih besar bagi Anda untuk memangkas lemak di perut. Dalam hitung-hitungan kalori yang ditayangkan oleh situs vrywellfit, semakin tinggi berat badan Anda maka akan semakin banyak kalori yang terbakar ketika berlari. Misalnya, 30 menit berlari mampu membakar 318 kalori pada seseorang dengan berat badan 140 pons dan 408 kalori untuk seseorang dengan berat badan 180 pond.

3. Gerakan Mountain Climber

Anda tidak perlu benar-benar naik gunung untuk bisa mengecilkan perut. Anda hanya perlu melakukan gerakan yang menyerupai aktivitas naik gunung atau mountain climber. Gerakan ini bisa Anda lakukan di rumah menggunakan bantuan bola yoga atau daun kuris.

Gerakan ini dimulai dengan posisis seperti akan melakukan push up. Bedanya, bagian tubuh yang bergerak adalah kaki. Dorong kaki Anda secara bergantian menggunakan jari kaki seperti gerakan seseorang sedang mendaki gunung. Biarkan perut Anda berkonstraksi.

4. Pillates

olahraga mengecilkan perut dengan pilates

Pillates adalah olahraga modern yang berakar dari yoga. Berbeda dengan yoga yang dilakukan untuk melatih kelenturan dan konsentrasi tubuh, pillates banyak dilakukan untuk alasan stamina dan kesehatan. Oleh karena itu, gerakan-gerakan pillates dan yoga hampir mirip. Pillates bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan memiliki manfaat yang besar untuk mengecilkan perut. Anda bisa memilih gerakan-gerakan yang memfokuskan diri pada konstraksi otot di perut.

5. Gerakan Mengayuh Sepeda

Salah satu olahraga mengecilkan perut bisa Anda lakukan kapan saja dan cukup dirumah adalah gerakan mengayuh sepeda atau bicycle crunch. Seperti namanya, gerakan ini tidak jauh berbeda dengan gerakan saat Anda mengayuh sepeda. Bedanya, Anda bisa melakukan gerakan ini sambil telentang di atas matras. Untuk hasil yang maksimal, angkat kepala dan bagian bahu Anda dengan tangan dan lakukan gerakan mengayuh sepeda dengan perlahan.

6. Olahraga Lompat Tali

olahraga mengecilkan perut dengan olahraga lompat tali

Olahraga yang mudah dengan bantuan tali ini adalah olahraga ramai peminat. Lompat tali atau skipping biasa dilakukan oleh berbagai usia sebagai olahraga favorit di sela-sela aktivitas. Berbanding lurus dengan banyak pelakukanya, olahraga lompat tali memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengecilkan perut.

Olahraga lompat tali tidak hanya bisa mengecilkan perut Anda melainkan juga membentuk otot-otot perut jika dilakukan secara rutin. Lompat tali untuk kepentingan stamina memerlukan gerakan yang tepat agar tidak menyebabkan cedera. Usahakan untuk memutar tali hanya menggunakan pergelangan tangan dan angkatlah kaki sejauh beberapa inci setiap tali menyentuh tanah.

7. Gerakan Plank

Olahraga lainnya yang memusatkan kontraksi otot perut dan mampu memperkecil penumpukan lemak di daerah tersebut adalah plank. Plank disebut sebagai latihan yang paling tepat untuk mengecilkan perut karena menuntut otot perut dan otot-otot di bagian tubuh atas Anda untuk membakar kalori. Selain itu, plank juga mampu membentuk otot lengan dan bahu.

8. Olahraga Hula Hoop

olahraga mengecilkan perut dengan olahraga hula hoop

Hula hoop adalah jenis olahraga aerobik yang bisa membantu Anda mengecilkan perut. Bagaimana bisa, otot utama yang berkerja ketika Anda melakukan hula hoop adalah otot perut. Selain bermanfaat untuk kesehatan, melakukan hula hoop juga menyenangkan. Apalagi gerakan aerobik ini sudah menjadi cukup populer di kalangan komunitas fitness dan pesenam.

Ada tiga jenis hula hoop yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera, yakni weighted hula hoop, reguler hula hoop, dan polypro hula hoop. Ketiga jenis hula hoop ini disediakan untuk pengguna yang berbeda berdasarkan pada kemampuan mereka memutar hula hoop dan masa hula hoop yang cocok untuk tipe tubuh tertentu.

9. Gerakan Pose Perahu

Gerakan pose perahu atau boat pose pada dasarnya termasuk ke dalam gerakan yoga. Seperti namanya, gerakan ini menuntut Anda untuk menyesuaikan tubuh sehingga tampak seperti perahu yakni dengan mengangkat bagian atas dan bawah tubuh Anda dengan menumpu pada bokong. Sementara itu, Anda bisa merentangkan tangan hingga menyentuh bagian kaki yang terangkat untuk tampak seperit perahu yang sedang berlabuh.

Gerakan boat pose efektif dalam mengecilkan perut karena membuat otot-otot di perut berkontraksi. Tentu saja kontraksi tersebut sekaligus membuat lemak terbakar. Selain itu, melakukan gerakan boat pose juga mampu melatih Anda keseimbangan karena perlu dilakukan dalam beberapa menit yang tidak singkat.

10. Gerakan Leg Rise

Olahraga untuk mengecilkan perut yang terakhir yang bisa Anda coba adalah gerakan leg rise atau mengakat kaki. Gerakan ini bisa Anda lakukan di rumah dengan bantuan dinding. Anda hanya perlu mengakat kaki secara lurus sehingga tubuh Anda membentuk sudur 90 derajat. Gerakan ini mampu melatih otot-otot di bagian perut bawah. Agar memberikan hasil yang lebih maksimal, lakukan gerakan ini selama 15 menit untuk tiga kali putaran.

Memiliki perut buncit adalah sebuah pekerjaan rumah yang harus Anda segera atasi. Selain melakukan berbagai jenis olahraga mengecilkan perut diatas, imbangin juga usaha Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan rendah lemak. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan agar terhidrasi setiap saat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*