Cara Membuat Getuk Singkong Keju Cukup Dengan 5 Bahan

Cara Membuat Getuk Singkong – Kian hari  makanan tradisional makin tersingkir oleh makanan makanan luar negeri. Padahal kalau kita perhatikan sangat banyak lho panganan tradisional yang juga tak kalah lezatnya. Cobalah jalan jalan ke pasar tradisional, anda akan menemukan panganan yang satu ini. Getuk namanya, sebuah panganan berbahan dasar singkong dan berasal dari Jawa Tengah. Getuk sendiri ada berbagai macam seperti getuk lindri, getuk pelangi, dan lain sebagainya. Nah agar cita rasanya semakin menarik dan tak kalah dengan makanan ala western, kamu bisa membuat variasi sendiri. Pada resep kali ini misalnya, kami membuat getuk ini dengan dicampur keju. Cara membuatnyapun sangat mudah, anda pasti bisa menerapkanya sendiri. Simak resep getuk singkong selengkapnya dibawah ini.

Getuk atau gethuk banyak ditemukan di daerah Jawa tengah dan Jawa timur. Proses pembuatanya dimulai dengan mengupas kulit singkong dan kemudian direbus. Singkong yang sudah empuk bisa ditumbuk atau digiling sampai halus. Singkong yang sudah dihaluskan ini kemudian dicampur dengan pemanis bisa gula pasir atau kalau yang lebih nikmat dengan gula jawa. Setelah itu getuk dihidangkan degnan ditaburi kelapa yang sudah diparut. Ada juga variasi lain yakni getuk lindri. Pembuatanya tak jauh berbeda hanya saja dibentuk dengan cetakan sehingga memiliki ciri khas seperti mie. Getuk lindri umumnya diberi pewarna hijau muda, krem atau merah jambu.

Bahan Membuat Getuk

  • Singkong 400 gram, kukus hingga empuk
  • gula pasir 100 gram
  • margarin 1 1/2 sendok makan
  • keju cheddar 50 gram, parut
  • garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat Getuk Singkong Keju

  1. Setelah direbus angkat singkong, lalu tumbuklah sampai halus selagi masih hangat
  2. Tambahkan gula lalu aduk aduk sampai rata.
  3. tak lupa tambahkan juga margarin, garam serta keju parut. Aduk agar semua bahan tercampur.
  4. Bentuklah getuk dengan cetakan sesuai selera.
  5. Getuk siap disajikan.

Gimana sangat gampang bukan Cara Membuat Getuk Singkong  ini? Nah agar tampilanya semakin menarik anda bisa menambahakn pewarna makanan. Dan agar cita rasanya semakin nikmat, taburi dengan parutan kelapa. Sajikan bersama segelas teh hangat untuk menemani waktu santaimu,

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*