Cara Membuat Sari Kacang Hijau 100% Murni

Sari kacang hijau merupakan minuman sehat kaya zat gizi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Karena bentuknya yang cair dan cenderung berwarna putih seperti susu, banyak orang menyebut ekstrak biji kacang yang sudah dikemas dengan nama susu kacang hijau.

Komponen gizi dalam setiap butir kacang ijo memiliki fungsi dan manfaat beragam bagi metabolisme dalam tubuh. Mulai dari karbohidrat, protein, serat pangan (dietary fiber) hingga berbagai macam vitamin dan mineral.

Resep cara membuat sari kacang hijau yang benar harusnya memperhatikan langkah-langkah atau prosedur pengolahan sesuai dengan urutan.

Jika tidak, dikhawatirkan kandungan gizi di dalamnya akan berkurang dan bahkan bisa hilang sepenuhnya.

Proses pengolahan kacang hijau menjadi es blender, jus segar, bubur bayi maupun jenis minuman dan makanan lainnya dimulai dari perendaman. Inilah cara mengupas kulit kacang hijau yang paling sederhana dan cukup mudah dilakukan.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk merendam kacang hijau agar kulitnya terkelupas copot?

Jika memakai air dingin biasa maka diperlukan waktu 24 jam sampai 48 jam, jika memakai air hangat atau panas bisa dipercepat sampai beberapa jam saja.

Untuk mempercepat proses ini, Anda bisa menggunakan air hangat ditambah sedikit garam.

Cara mengupas kulit kacang hijau dengan direndam

Tanda-tanda kacang hijau sudah mudah dikupas kulitnya adalah adanya kulit yang mengapung di permukaan air rendaman.

Namun bagi Anda yang tidak mau susah payah merendam kacang hijau untuk memperoleh sarinya, Anda bisa membeli ekstrak kacang hijau dalam kemasan. Pastikan sebelum diminum atau diolah lebih lanjut, kemasan produk dikocok terlebih dahulu.

Khasiat dan manfaat sari kacang hijau yang sudah dikemas akan bertahan lama jika disimpan di suhu ruangan yang stabil. Untuk masa kadaluarsa (Batas maksimum penyimpanan) umumnya 10 – 12 bulan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*