7 Jenis Makanan untuk Mendukung Proses Detoks Secara Alami

https://hellosehat.com Tubuh manusia sudah dirancang untuk melakukan pembuangan racun dan zat sisa (detoksifikasi) secara alami. Organ tubuh yang secara otomatis bertugas untuk membuang racun dan zat sisa dalam tubuh antara lain hati, ginjal, usus besar, dan kulit. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin membantu kerja organ tersebut dalam membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Salah satunya dengan rutin konsumsi serangkaian makanan untuk detoks tubuh berikut ini.

Daftar makanan untuk detoks tubuh secara alami

1. Sayuran hijau

bagian sayur dan buah

Sayuran hijau yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting masih sering dihindari orang-orang. Padahal, sayuran hijau punya beragam manfaat baik bagi tubuh, salah satunya untuk membuang racun yang mengendap di dalam tubuh.

Menurut Josh Axe, seorang pendiri Ancient Nutrition, hati bisa bekerja secara optimal dalam mendetoks racun, salah satunya dengan mengombinasikan beragam rasa dalam makanan sehari-hari yakni asam, manis, asin, dan pahit. Cara ini akan menghasilkan keseimbangan rasa yang akan membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh.

Berbeda dengan rasa manis dan asin yang bisa dengan mudah di dapatkan dari makanan, rasa pahit dan asam termasuk jenis rasa yang sering kali dihindari oleh banyak orang. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari rasa pahit, coba lengkapi piring makan Anda dengan konsumsi sayur selada, sawi, pare, dan brokoli.

2. Matcha

matcha vs teh hijau baik mana

Beberapa waktu belakangan ini, matcha mulai masuk ke dalam daftar minuman favorit sebagian besar orang. Selain rasanya yang enak, ternyata matcha juga menyimpan banyak manfaat. Salah satunya membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Pasalnya, daun matcha mengandung senyawa epigallocatechin (EGCG) yang berperan dalam mengubah lemak menjadi energi melalui proses thermogenesis. Proses inilah yang akan membantu Anda mengendalikan berat badan.

Selain itu, kandungan klorofil yang tinggi dalam matcha juga berperan aktif dalam proses detoksifikasi. Zat ini akan membantu membersihkan tubuh dengan membuang racun yang bersembunyi di dalam organ hati.

3. Teh hijau

manfaat minum teh hijau

Banyak orang menganggap matcha dan teh hijau adalah dua jenis minuman yang sama. Walaupun keduanya berasal dari jenis tanaman yang sama, kedua minuman ini sebetulnya berbeda. Matcha mengandung konsentrasi zat antioksidan dan kafein yang lebih tinggi daripada teh hijau.

Meski begitu, teh hijau tidak kalah ampuh dalam mendetoks racun yang bersarang di dalam tubuh. Antioksidan dan kafein yang terkandung dalam teh hijau, membuat minuman ini memiliki efek diuretik, yang akan membantu mempercepat pembentukan urin guna membuang kotoran-kotoran di dalam tubuh.

4. Buah bit

obat impotensi

Buah bit termasuk dalam daftar makanan untuk detoks. Pasalnya, buah bit menghasilkan asam nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Itu sebabnya buah yang satu ini dipercaya mampu membersihkan darah dalam tubuh.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, buah bit menyuplai sejumlah vitamin E, karoten, asam fenolik, dan betalain, yakni sejenis antioksidan yang membantu memperbaiki sekaligus meregenerasi sel-sel di hati. Anda bisa mengolah buah bit menjadi camilan atau dijus untuk menambah tenaga di pagi hari.

5. Salad

hal yang bikin salad tidak sehat

Salad buah memang lezat untuk dijadikan teman sarapan di pagi hari. Namun, sesekali cobalah salad yang berasal dari sayur-sayuran seperti selada, bayam, atau kol sebagai menu makanan untuk detoks. Hasil yang dicapai mungkin akan lebih baik lagi bila Anda mengganti saus salad (dressing) dengan beberapa tetes minyak zaitun atau perasan lemon.

6. Rumput laut

manfaat rumput laut

Rumput laut adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, rumput laut juga tinggi antioksidan dan menawarkan berbagai senyawa penting yakni polifenol dan fucoxanthin.

Rumput laut juga diyakini dapat membantu detoksifikasi di dalam darah dan ginjal karena memiliki sifat diuretik dengan membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine (air kencing).

7. Nanas

buah nanas untuk pencernaan

Nanas termasuk satu dari sekian banyak buah tropis dengan rasa yang manis dan segar. Di samping rasanya yang lezat dan mudah disajikan dalam berbagai bentuk makanan dan minuman, nanas juga dikenal karena kandungan vitamin C yang tidak kalah dengan buah jeruk.

Tidak hanya itu, nanas juga memiliki enzim pencernaan baik yakni bromelain. Enzim ini bekerja ampuh untuk meredakan masalah perut, melancarkan proses pencernaan, sekaligus membantu membersihkan usus besar. Maka itu, nanas sering dipercaya sebagai makanan untuk detoks racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Melilea Organic GFO Adalah Solusi Untuk Selalu Sehat & Awet Muda

Atau

WhatsApp Me!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*